apa manfaat marmer?

Marmer sudah cukup populer di kalangan masyarakat untuk memperindah desain interior, lalu apa manfaat marmer yang terbuat dari batuan metamorf? Yuk ketahui di bawah ini.

Sebagai salah satu jenis batuan metamorf yang terbentuk dari batu gamping dan kapur memudahkan kita untuk menggunakannya sebagai hiasan rumah di lantai dan dinding. Lalu, apa manfaat marmer yang lainnya? dikenal sebagai bahan konstruksi bangunan ternyata sifatnya tidak hanya dekoratif difungsikan sebagai rancangan hunian eksterior dan interior yang indah, tetapi dapat digunakan juga sebagai bahan baku membat kerajinan dan seni patung.

Bahan dasar marmer terbuat dari bebatuan berwarna kusam yang dicampurkan dengan bahan kimia yang akan menghasilkan warna dengan corak dan motif yang lebih menarik.

Manfaat Marmer

apa manfaat marmer?

Sebagai bebatuan yang memiliki motif indah ternyata manfaat marmer sangatlah banyak loh, Yuk ketahui penjelasannya di bawah ini.

1. Pupuk Tanaman

Sudahkah Anda mengetahi selain berfungsi untuk menghias desain interior rumah menjadi lebih menarik, ternyata marmer dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. Caranya cukup mudah yaitu panaskan marmer lalu ambil zat kapurnya, saat dipanaskan karbodioksida akan menghilang lalu meninggalkan kalsiumdioksida yag bermanfaat sebagai pupuk di lahan pertanian.

Saat marmer dipanaskan ternyata tidak mengurangi tingkat keasaman dalam tanah sehingga tanah akan lebih siap digunakan sebagai pupuk tanaman dengan PH yang sudah dinetralkan. Pupuk marmer ini justru membuat usia tanaman menjadi lebih bertahan lama.

2. Bahan Pewarna

Ketahuilah bahwa marmer juga dapat digunakan sebagai bahan pewarna, ternyata marmer juga digunakan dalam dunia insudtri kertas dan cat. Marmer putih yang dicairkan akan digunakan sebagai serbuk putih untuk membuat pigmen yang akan menghasilkan serbuk kapur sirih.

Baca juga :  Jasa Pasang Marmer Terbaik di Kramat Pela Jakarta Selatan

Nah, Serbuk sirih ini akan menjadi pigmen dan brightener untuk membuat kertas, cat, dan produk lainnya.

3. Bahan Konstruksi Bangunan

Marmer merupakan bebatuan alami yang memiliki memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis bebatuan alami lainnya. Ketahuilah, marmer memiliki ketahanan yang tinggi sehingga awet. Bebatuan ini digunakan sebagai konstruksi bangunan lantai dan dinding yang membuat bangunan terlihat lebih menawan.

Kini marmer digunakan untuk bahan rumah dinding eksterior, venerr, dekorasi rumah, tangga, dan jalan setapak yang menambahkan nuansa artistik pada desain eksterior dan interior bangunan.

4. Bahan Dekorasi Rumah

Ketahuilah bahwa manfaat marmer dapat digunakan sebagai desain interior rumah untuk membuat hiasan patung, guci, meja, perapian, dan vas bunga. Tentunya, adanya beberapa hiasan tersebut akan membuat rumahmu terlihat lebih menawan dan indah.

Bebatuan marmer ternyata memiliki sifat yang lunak dan tembus cahaya sehingga memudahkan untuk dibentuk. Selain itu, marmer juga mudah menyerap cat dan mudah dipahat sehingga dapat digunakan untuk membuat berbagai hiasan rumah lebih bernilai estetik tinggi.

5. Batu Nisan

Apa manfaat marmer selanjutnya? Memiliki sifat yang mudah dibentuk, marmer juga dapat digunakan untuk membuat nisan yang berbentuk megah dan mewah. Sifatnya yang mudah diukir juga akan menambahkan kesan artistik dengan corak yang indah.

6. Alat Terapi

Ketahui juga bahwa marmer dapat digunakan sebagai alat terapi karena marmer dapat berperan menjadi dekongestan yang ampuh untuk meredakan pembengkakan dalam tubuh, selain itu juga dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Ternyata menggunakan batu marmer dapat bermanfaat untuk dunia kesehatan, dapat meningkatkan warna kulit wajah, mengurangi mata panda dan mata bengkak, dan menyembuhkan penyumbatan sinus.

Baca juga :  Memilih Poles Marmer Jakarta Untuk Lantai Anda

Ternyata manfaat marmer tidak sebatas memperindah desain rumah secara interior dan eksterior. Lalu apa manfaat marmer? cukup banyak, manfaatnya bisa digunakan sebagai bahan pewarna dan alat terapi.