apa itu epoxy? arti & jenis nya?

Istilahnya yang belum terdengar familiar, apa itu epoxy? dikenal sebagai material pelapis dapat digunakan untuk merawat kualitas lantai beton dari material hardener dan resin.

Meski terdengar sangat awam tentunya kita harus mengetahui apa itu Epoxy dan kegunaannya. Kini epoxy mudah dijual belikan di berbagai toko dekat, pemanfaatannya bisa digunakan sebagai bahan perekat serba guna, pengikat semen, pelapis lantai dan masih banyak lagi kegunaannya.

apa itu epoxy? arti dan jenis nya?

Epoxy lantai dikenal sebagai salah satu teknologi desain interior yang inovatif untuk membuat lantai terlihat lebih mewah dan modern. Kombinasi bahan resin akan bekerja untuk memperkeras teksture lantai agar tidak mudah retak, cocok untuk bangunan yang dipadati banyak orang seperti restoran, mall, dan hotel.

Pilihlah jenis epoxy lantai yang tepat sesuai dengan desain ruanganmu, pastikan juga sudah memiliki budget yang Anda miliki.

Jenis Sistem Epoxy Lantai

Untuk membantumu lebih memahami jenis sistem epoxy lantai maka Anda harus mengetahui jenis sistem epoxy lantai, Yuk ketahui penjelasan lebih detailnya di bawah ini.

1. Lantai Epoxy Self Leveling

Jika, Anda bertanya-tanya apa itu epoxy self leveling? sebagai jenis cat lapisan lantai yang disukai kontraktor yang punya hasil akhir dengan bentuk tekstur halus dan rata sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pengecatan ulang.

Ketahuilah proses coating dapat diaplikasikan menggunakan roll cat yang bisa menghasilkan cat yang bervariasi, bahkan bisa membuat tekstur kulit jeruk yang sedikit lebih kasar.

2. Lantai Epoxy Mortar

Istilah epoxy mortar terdengar sangat familiat yang disebut bahan epoxy dengan material atau aditif tambahan yaitu pasir siliki sehingga membuat hasil epoxy menjadi sangat kuat.

Baca juga :  Perbedaan Epoxy Primer Dan Epoxy Surfacer

Tak hanya itu, epoxy mortar juga bisa menopang beban berat yang bisa digunakan sebaga solusi untuk memperbaiki lantai beton dalam waktu cepat. Selain itu, epoxt mortar juga dapat membentuk coving di sudut lantai.

3. Lantai Epoxy Quartz

Kemudian terdapat epoxy quartz yang merupakakan gabungan dari kinerja tinggi antara resin polimer epoxy dengan pasir kuarsa berwarna yang hasilnya akan membuat lantai rumahmu menjadi terlihat lebih dekoratif yang memiliki sifat anti sanitasi, tahan lama, dan anti slip.

Nah, sistem quartz ini sangat cocok digunakan di toilet, kamar ganti, kafe, sekolah, pameran, kantor, dan lobi yang terlihat lebih menarik dan menawan.

4. Lantai Epoxy Anti Statis

Ketahui juga jenis lantai epoxy anti statis yang dapat memuat desain ruangan menjadi lebih aman karena sistem lantainya mengandung bahan konduktif yang sudah terakumulasi listrik statis yang berfungsi untuk grounding untuk menetralkan potensi statis.

Nah, sistem Epoxy anti statis cocok diguakan untuk ruangan yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan, bahan kimia, elektronik, dan gas atau cairan yang mudah terbakar.

Tentunya epoxy lantai ini mengharuskan kita melewati berbagai proses yang panjang dengan harga yang mahal.

5. Lantai Epoxy Flake Floors

Jenis sistem epoxy lantai flake dibuat dengan menaburkan serpihan chip di atas lapisan lantai yang kondisinya masih basah. Nah, chip ini permukaannya agak kasar sehingga membuat permukaannya menjadi tidak licin.

Serpihannya memiliki teksture, gaya, ukuran, dan warna yang dapat dikombinasikan sesuai dengan desain ruangan kesukaanmu.

Epoxy flake lebih cocok diaplikasikan dengan ruangan dapur, kamar ganti, olahraga, dan tempat laundry karena teksturenya agak kasar sehingga tidak buatmu menjadi terpeleset di ruangan yang sering terkena air.

Baca juga :  Jasa Pengecatan Epoxy Lantai

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami apa itu epoxy dengan berbagai jenis sistem lantainya yang dapat disesuaikan dengan desain ruanganmu.