perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer

Perbedaan Epoxy Primer Dan Epoxy Surfacer. Tidak hanya digunakan untuk melapisi logam agar terlihat menarik tanpa berkarat, pastikan Anda memilih bahan khusus untuk melindungi permukaan logam dalam jangka waktu lama, salah satunya yaitu menggunakan epoxy lantai. Sebelum menggunakannya, Anda harus mengetahui perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer agar hasil akhirnya lebih maksimal.

Penggunaannya dapat kita gunakan untuk membuat lantai menjadi terlihat lebih mewah dan menarik, selain itu juga akan membuat hasil lapisan akhir lantainya menjadi lebih kuat asalkan Anda dapat mengaplikasikannya dengan tepat.

Baca Juga :

Wajib Diketahui! Perbedaan Epoxy Primer Dan Epoxy Surfacer

Jika dilihat perbedaannya, kedua epoxy tersebut tidak terlihat berbeda tetapi sebenarnya keduanya memiliki proses pengecetan yang sama. Lapisan epoxy bisa digunakan untuk melapisi cat ke dalam pori-pori lantai.

Perbedaan Epoxy Primer Dan Epoxy Surfacer

Sebelum memilih bahan pelapis lantai yang tepat maka Anda harus mengetahui pebedaan Epoxy primer dan Epoxy Surfacer dalam penjelasan yang terdapat di bawah ini.

1. Bahan

Epoxy primer terbuat dari kandungan bahan resin polyamide yang digabungkan dengan material hardener yang berfungsi sebagai pengeras. Nah, proses pengecetannya dapat dilakukan dengan scrap atau bisa juga menggunakan roll agar lebih luas jangkauannya.

Surfacer dikenal sebagai lapisan coat kedua yang disemprotkan diatas warna dasar atau epoxy primer terbuat dari bahan campuran resin epoxy-amine dalam kemasan ganda.

2. Fungsinya

Sebagai pemula tentunya kita terdengar asing mendengar istilah epoxy, ketahui perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer dapat dilihat dari perbedaan fungsinya.

Ketahuilah fungsi epoxy primer digunakan sebagai cat warna dasar yang digunakan setelah terjadi perontokan cat. Sebagai cat epoxy biasanya digunakan untuk cat mobil. Epoxy Surfacer dapat dilakukan untuk melindungi bahan logam dari karat, menjaga warna dasar agar tidak berubah.

Baca juga :  Jasa Pengecatan Epoxy Lantai

Sedangkan, epoxy sufacer digunakan setelah epoxy primer dilakukan sehinga fungsinya digunakan untuk melapisi warna dasar atau menutup warna asli agar terlihat lebih mewah dan mengkilap.

3. Sifat

Ketahui epoxy cat primer jenis ini mengandung amine sebagai hardener yang komponen utama pembentuknya adalah epoxy resin sehingga memiliki sifat yang memberikan ketahanan terhadap karat dan mempunyai daya lekat yang sangat baik.

Surfacer terbuat dari resin epoxy-amine mempunyai sifat-sifat untuk mengisi penyok kecil atau goresan kertas, mencegah penyerapan top coat, dan mampu meratakan adesi diatas under coat dan top coat.

4. Daya Tahan

Epoxy primer memiliki daya tahan yang sangat bagus terhadap ketahanan air, minyak dan solvent yang dilengkapi karakteristik tingkat daya tahan dan kekedapan yang diformulasikan sangat baik khusus untuk menghasilkan permukaan yang halus & mudah diamplas.

Epoxy surfacer dikenal sebagai produk yang tahan air, minyak dan solvent karena dilengkapi dengan karakteristik yang memiliki tingkat daya tahan dan kekedapan yang baik cocok untuk proses finishing.

5. Proses Kerjanya

Agar permukaan halus, proses pengamplasan dilakukan setelah cat dasar mengering. Saat mengecek epoxy primer lapisannya dapat disesuaikan dengan ketebalan yang diinginkan. Semakin tebal cat epoxy, maka proses pengerjaan semakin lama.

 

perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer

Sebagai lapisan dibawah cat warna dasar, menggunakan epoxy surfacer akan sangat membantu proses kerjanya untuk pemerataan permukaan yang akan dicat juga sangat membantu agar warna yang disemprotkan tampak rata dan tidak belang, selain itu membuat lapisan dinding terlihat mengkilap.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer yang membuat lapisan lantai lebih terlihat mengkilap dan menarik.

Baca Juga :