perbedaan granit dan keramik

Bingung memilih granit atau keramik untuk mendesain ruang interior rumah Anda? Ketahui perbedaan granit dan keramik yang akan buat rumahmu terlihat mewah dan megah.

Sebelum memilih granit atau keramik untuk desain interior ruanganmu, sebaiknya Anda mengenali perbedaan granit dan keramik yang ternyata keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Keduanya memiliki kelebihan yang dapat membuat ruangan rumahmu menjadi lebih mewah, asalkan Anda dapat menyatukan dengan desain ruangan rumahmu.

perbedaan granit dan keramik

Selain itu, sebaiknya memilih keramik dan granik berdasarkan motif dan pola sesuai dengan desain ruangan sehingga terlihat menyatu. Tak heran, meski kini keramik sudah tidak begitu populer digunakan di kalangan masyarakat tetapi masih beberapa orang yang menggunakannya untuk membuat rumahmu terlihat lebih berwarna.

Perbedaan Granit dan Keramik

Ketahuilah perbedaan granit dan keramik agar membuat desain interior rumahmu menjadi terlihat lebih mewah dan enak dilihat, Yuk ketahui di bawah ini.

1. Bahan Baku

Ketahuilah bahwa granit terbuat dari jenis bebatun beku yang memiliki sifat asam, terbentuk dari proses pembentukan magma. Bebatuan ini berwarna abu-abu dan putih, atau kombinasi keduanya. Tak jarang ada juga bebatuan granit dengan warna merah muda.

Sementara keramik sangat identik terbuat dari tanah liat, tetapi sekarang ini bahan baku keramik menggunakan bahan kimia dan mineral bawaannya yang membuat strukturnya lebih keras dengan berbagai motif yang bervariasi.

2. Sifatnya

Jika diperhatikan, sifat keramik memiki warna merah yangbervariasi mulai dari warna merah kecokletan sampai dengan warna merah keputihan. Ketahuilah keramik memiliki tingkat penyerapan yang tinggi. Melalui proses pembakaran, tentunya keramik juga memiliki struktur keras.

Baca juga :  Pengkilap Granit Hitam Dan Tips Mengkilapkannya

Sementara granit disebuat sebagai bebatuan alam yang memiliki sifat felsik, intrusif, dan igneus yang mempunyai permukaan lebih rata dengan teksture yang keras dan kuat lebih dari kerasnya bebatuan granit. Tentunya, granit juga mempunyai sifat kedap air dan kaku yang kedap air.

3. Kekuatannya

Dilihat dari kekuatan granit dan keramik, mana yang lebih kuat dari gesekan dan benturan? tentu jawabannya adalah granit.

Ketahuilah bahwa granit mempunyai karakteristik material yang lebih keras dan berat sehingga mampu mengalahkan keramik yang bobotnya lebih ringan. Selain itu, keramik juga memiliki lapisan glaze yang tipis sehingga membuat keramik mudah tergores dan terkikis.

Tentu saja hal tersebut membuat sebagian besar orang lebih tertarik menggunakan granit untuk menghiasi rumahnya.

4. Harga

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa kualitas granit lebih bagus dilihat dari kekuatan dan ketahanannya dibandingkan dengan kualitas granit sehingga tak heran harga granit lebih mahal dibandingkan dengan harga keramik.

Tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan daya tahan keramik juga bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Pastikan kalian memilih keramik atau granit sesuai dengan budget yang kalian miliki untuk menghiasi rumahmu menjadi lebih indah dan menarik.

perbedaan granit dan keramik

5. Motif

Kedua bebatuan antara granit dan keramik tentunya memiliki motif yang sangat bervariasi dengan perpaduan warna yang keren dan menarik. Ketahulah motif granit biasanya dipadukan dengan warna agak kehitaman, kecoklatan, atau dipadukan dengan warna putih dan abu-abu.

Dilihat dari motif keramik biasanya memiliki perpaduan warna yang lebih cerah dibandingkan dengan warna granit. Meskipun demikian pastiya akan membuat lantai rumahmu menjadi lebih terlihat mewah.

Berbagai pilihan motif granit dan keramik dapat disesuaikan dengan warna ruanganmu sehingga desain rumah secara interior dan eksterior akan terlihat lebih mewah.

Baca juga :  Ini 7 Tahapan Poles Granit Yang Perlu Anda Ketahui

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan granit dan keramik dilihat dari harga, ketahanan dan kekuatannya, motif dan bahan bakunya.