awas! hindari pengkilap lantai granit ini agar lantai rumah tetap mengkilap

Dibandingkan dengan keramik, harga jual granit memang jauh lebih tinggi. Meskipun demikian, hal tersebut sebanding dengan kesan yang akan Anda dapatkan. Jika menggunakan granit sebagai penutup lantai, rumah Anda akan terkesan elegan, indah, megah, dan mewah.

Kesan tersebut berasal dari pancaran kilauan granit yang memang memanjakan mata. Sebagai salah satu batuan alam, granit memang diminati oleh banyak orang. Adapun alasannya adalah keawetan granit yang cukup lama, dapat menyerap panas, dan dapat menahan beban yang berat.

Selain itu, granit juga memiliki kekurangan. Batuan alam ini memiliki pori-pori yang dapat menyerap noda dan cairan sehingga Anda harus segera membersihkannya. Jika didiamkan, noda dan cairan tersebut akan sulit dibersihkan dan kilauan lantai granit Anda akan memudar.

Kilauan lantai granit yang memudar tentu kurang enak dipandang, bukan? Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan pengkilap lantai granit yang berkualitas dan aman.

Beberapa Pengkilap Lantai Granit Yang Dapat Anda Gunakan

Memang ada banyak pengkilap lantai granit yang dapat Anda gunakan. Tetapi, Anda harus menggunakan pengkilap yang berkualitas dan aman. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti lantai mengalami kerusakan atau malah bertambah kusam.

Untuk mengembalikan kilauan dan kilapan lantai granit, Anda dapat menggunakan pengkilap lantai granit yang berkualitas dan aman, baik berbentuk cairan maupun berbentuk bubuk.

Adapun pengkilap lantai granit berupa cairan adalah sabun non-asam, sabun cuci piring, minyak zaitun, hidrogen peroksida, deterjen cair, cairan pembersih dengan pH netral, pembersih khusus marmer, dan amonia.

Baca juga :  Kilaukan Kembali Granit Yang Memudar Dengan Alat Dan Cara Poles Granit Berikut Ini!

Sementara itu, pengkilap lantai granit berbentuk bubuk adalah tepung maizena, exceed powder, baking soda, ampas teh, dan ampas kelapa. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kain basah yang lembut untuk mengkilapkan kembali lantai granit yang mulai memudar.

Pengkilap Lantai Granit Yang Harus Anda Hindari

Kilauan lantai granit yang mulai memudar memang kurang enak dipandang. Karenanya, Anda harus segera mengembalikan kilauan tersebut dengan menggunakan pengkilap lantai granit yang berkualitas dan aman, seperti yang sudah disebutkan di atas.

Saat mengkilapkan lantai granit, hal-hal yang tidak diinginkan mungkin saja terjadi. Untuk menghindarinya, Anda sebaiknya tidak menggunakan pengkilap lantai granit, seperti berikut ini.

1.Pembersih Lantai Yang Dikhususkan Untuk Keramik

Saat memilih pembersih lantai untuk mengkilapkan lantai granit, Anda harus melihat dengan jeli kegunaan dari pembersih tersebut. Jika pembersih hanya dikhususkan untuk keramik, Anda sebaiknya tidak menggunakannya. Hal ini dikarenakan pembersih tersebut dapat memudarkan kilauan dan warna granit.

2.Cairan Abrasif

Cairan abrasif memang identik dengan kandungan asamnya yang sangat tinggi. Jika menggunakan cairan ini untuk mengkilapkan lantai granit, permukaan lantai akan terkikis dan menjadi rusak. Hal seperti ini justru akan membuat lantai granit di rumah Anda semakin terlihat kusam.

3.Penyedot Debu

Menggunakan penyedot debu untuk membersihkan lantai memang lebih memudahkan pekerjaan. Tetapi ternyata, penggunaan alat ini harus Anda hindari saat mengkilapkan lantai granit. Hal ini dikarenakan roda, selang, dan panas pada penyedot debu dapat menggores lantai rumah Anda.

4.Kain Dengan Permukaan Yang Kasar

Kain dengan permukaan yang kasar, seperti spons kasar atau sabut kawat, akan meninggalkan banyak goresan di lantai granit rumah Anda. Sebaiknya, Anda gunakan kain mikrofiber yang lembut yang dapat membersihkan noda lebih baik dan tidak akan meninggalkan goresan.

Baca juga :  3 kiat sukses cara merawat granit lantai

Itulah beberapa pengkilap lantai granit yang harus Anda hindari agar lantai rumah Anda tetap mengkilap. Semoga bermanfaat!