Kilaukan Kembali Granit Yang Memudar Dengan Alat Dan Cara Poles Granit Berikut Ini!

Dibandingkan dengan material lainnya, penggunaan granit sebagai material interior dan eksterior rumah memang lebih diminati oleh banyak orang meskipun harga jualnya terbilang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan granit memiliki beberapa kelebihan, seperti dapat menahan suhu panas, terutama jika digunakan sebagai meja dapur, dan dapat menahan beban berat sehingga Anda dapat meletakkan berbagai furnitur berbobot berat. Selain itu, kelebihan utama dari granit adalah dapat membuat rumah Anda terkesan alami, elegan, indah, megah, dan mewah.

Kesan yang akan Anda dapatkan tersebut berasal dari kilauan granit yang memanjakan mata dan bentuknya yang kukuh. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu serta noda dan kotoran yang tidak segera dibersihkan, kilauan granit akan memudar. Jika mulai memudar, Anda dapat mengembalikan kilauannya dengan menggunakan alat dan cara poles granit yang tepat.

Alat Dan Cara Poles Granit Yang Tepat

Untuk mengembalikan kilauan granit yang mulai memudar, Anda tidak boleh melakukannya secara sembarangan. Jika dilakukan secara sembarangan, dikhawatirkan granit justru akan semakin kusam, terdapat banyak tergores, rusak, bahkan pecah. Untuk menghindari hal-hal tersebut, Anda sebaiknya menggunakan alat dan cara poles granit yang tepat, seperti berikut ini.

Alat Dan Cara Poles Granit Dengan Menggunakan Baking Soda

Alat yang diperlukan adalah spatula, selotip, plastik, mangkuk, kain mikrofiber, baking soda, dan air mineral atau air destilasi.

Adapun cara poles granit dengan menggunakan baking soda adalah campurkan baking soda dengan sedikit air mineral atau air destilasi, aduk hingga rata dan membentuk pasta, kemudian tuangkan ke dalam mangkuk. Teteskan air mineral atau air destilasi ke permukaan granit yang terkena noda atau kotoran dan bersihkan. Kemudian, oleskan pasta pembersih dengan menggunakan kain mikrofiber.

Baca juga :  Tips untuk Anda: cara perawatan marmer dan granit

Setelah proses pengolesan selesai, tutup bagian yang dipoles dengan plastik, rekatkan dengan selotip, dan diamkan hingga keesokan harinya. Hal ini dilakukan agar pasta pembersih bekerja secara maksimal. Terakhir, buka plastik dan bersihkan permukaan granit dengan menggunakan kain mikrofiber yang sudah dibasahi.

Alat Dan Cara Poles Granit Di Bagian Luar Rumah

Alat yang diperlukan adalah sikat yang berbulu halus, sabun cuci piring, kain pel, ember sebanyak 2 buah, dan air hangat.

Adapun cara poles granit di bagian luar rumah adalah isi 1 buah ember dengan campuran air hangat dan sabun cuci piring, sedangkan 1 buah ember lainnya diisi dengan air hangat. Basahi kain pel dengan campuran air hangat dan sabun cuci piring, kemudian pel seluruh permukaan granit. Setelah itu, bersihkan granit dengan air hangat yang ada di dalam ember lainnya untuk menghilangkan residu sabun.

Alat Dan Cara Poles Granit Secara Natural

Alat yang diperlukan adalah wol baja atau steel wool, rubbing alkohol, kain mikrofiber, cairan pembersih dengan pH seimbang, botol semprot, dan air.

Adapun cara poles granit secara natural adalah campurkan 1 sendok cairan pembersih dengan pH seimbang, ¼ rubbing alkohol, dan air yang banyaknya disesuaikan dengan bagian granit yang akan dipoles, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan bagian granit yang kusam dan lap dengan kain mikrofiber secara perlahan. Jika terdapat kotoran atau noda, Anda dapat menggunakan wol baja untuk membersihkannya.

Itulah alat-alat yang diperlukan dan cara poles granit yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kilauan granit di rumah. Selamat mencoba!