Pengkilap Granit Hitam Dan Tips Mengkilapkannya

Penggunaan granit pada rumah Anda, baik pada meja maupun lantai, memang dapat memberikan kesan yang mewah dan elegan melalui pancaran kilauannya. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kilauan dari granit akan memudar. Untuk itu, Anda harus menjaganya dengan menggunakan pengkilap granit.

Di pasaran, ada beberapa jenis granit yang dapat Anda gunakan. Salah satu jenis granit yang dapat memberikan kesan lebih mewah dan lebih elegan adalah granit hitam. Meskipun harga jualnya cukup tinggi, granit hitam diminati oleh banyak orang.

Pengkilap Granit Hitam Dan Tips Mengkilapkannya

Kegunaan Granit

Selain kesan mewah dan elegan yang diberikan, penggunaan granit juga memiliki beberapa kegunaan lainnya, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, granit dapat menahan beban yang berat. Dibandingkan dengan keramik, granit dapat menahan beban hingga ratusan kilogram sehingga Anda dapat meletakkan berbagai furniture dengan bobot yang berat.
  • Kedua, granit dapat melindungi dari suhu yang panas. Jika dapur rumah Anda menggunakan granit, hal tersebut dapat menahan suhu panas dari kompor dan perangkat dapur lainnya yang dapat menimbulkan panas. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya kebakaran dapat Anda minimalkan.
  • Ketiga, granit dapat memberikan kesan yang alami. Granit memang berasal dari batuan alam sehingga sangat tepat digunakan pada rumah bergaya minimalis atau bergaya tropis. Dengan begitu, rumah Anda akan terasa lebih nyaman dan lebih asri.

Pengkilap Granit Hitam

Hal yang membuat granit hitam diminati oleh banyak orang adalah kilauannya yang dapat memberikan kesan mewah dan elegan. Untuk itu, Anda harus selalu menjaga kebersihannya dan merawatnya dengan baik. Tetapi kilauan dari granit hitam akan memudar seiring dengan berjalannya waktu.

Baca juga :  Poles granit terbaik di Jembatan Lima Jakarta Barat

Untuk mengkilapkan kembali granit hitam yang mulai memudar, Anda memerlukan pengkilap granit, baik berupa bubuk maupun cairan. Adapun pengkilap granit hitam berbentuk bubuk adalah ampas kelapa, ampas teh, baking soda, dan tepung maizena.

Sementara itu, pengkilap granit hitam berbentuk cairan adalah amonia, pembersih khusus marmer, cuka, deterjen cair, hidrogen peroksida, dan sabun cuci piring.

Tips Mengkilapkan Granit Hitam

Granit hitam dapat digunakan pada meja dapur dan lantai rumah. Jika granit hitam tersebut mulai memudar, Anda harus segera mengkilapkannya dengan menggunakan pengkilap granit. Adapun tips mengkilapkan granit hitam adalah sebagai berikut.

  1. Mengkilapkan Granit Hitam Pada Meja Dapur

Meja dapur memang rentan terkena noda, terlebih dari noda makanan dan minuman. Jika tidak segera dibersihkan, noda tersebut akan sulit untuk dihilangkan. Berikut ini adalah tips mengkilapkan granit hitam pada meja dapur.

  • Bersihkan meja dapur secara rutin dan teratur agar selalu terlihat mengkilap.
  • Segera bersihkan noda yang ada di meja dapur. Hal ini dilakukan agar noda tersebut tidak berkerak dan tidak meninggalkan bekas yang mengganggu.
  • Gunakan pengkilap granit hitam yang berkualitas, seperti pengkilap yang sudah disebutkan di atas.
  • Gunakan kain mikrofiber yang lembut saat mengkilapkan meja granit dan lakukan secara perlahan dengan gerakan memutar.
  1. Mengkilapkan Granit Hitam Pada Lantai Rumah

Untuk mengkilapkan granit hitam pada lantai rumah, Anda dapat mencoba tips berikut ini.

  • Bersihkan lantai granit setiap hari secara teratur dengan cara mengepelnya menggunakan kain yang lembut.
  • Lakukan proses pengepelan secara perlahan dengan gerakan memutar.
  • Gunakan pengkilap granit hitam yang berkualitas, seperti pengkilap yang sudah disebutkan di atas.
  • Lakukan proses pemolesan dengan bahan-bahan poles berkualitas untuk membuat lantai granit semakin mengkilap.
Baca juga :  Cara Membedakan Kualitas Granit

Untuk menjaga granit hitam di rumah tetap mengkilap, Anda dapat menggunakan pengkilap granit berkualitas dan mencoba tips-tips di atas. Cukup mudah, bukan? Selamat mencoba!