Tips Merawat Lantai Granit Dengan Alat Pembersih Lantai Granit

Menggunakan granit sebagai penutup lantai dapat membuat rumah Anda terkesan megah, indah, elegan, dan mewah. Bentuknya yang kukuh, kuat, dan tahan lama serta kilauannya yang memukau memang membuat granit berhasil menarik perhatian. Maka tidak heran, granit diminati oleh banyak orang sebagai penutup lantai, bahkan sebagai meja atau pelapis dinding.

Dibandingkan dengan material lainnya, harga jual granit memang lebih tinggi. Tetapi, hal tersebut sebanding dengan kepuasan, kesan, dan keunggulan yang akan Anda dapatkan.

Kilauan yang terpancar dari lantai granit rumah Anda memang sangat memanjakan mata sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan rasa kerasan pada Anda saat berada di dalam rumah. Selain kesan megah, indah, elegan, dan mewah, lantai granit juga dapat memberikan kesan alami. Dengan begitu, Anda seolah-olah sedang berada di tengah-tengah alam yang menyenangkan.

Seiring dengan berjalannya waktu dan dipengaruhi oleh faktor lain, seperti terkena cairan, noda, atau kotoran, kilauan pada lantai granit rumah Anda akan memudar sehingga kurang enak dipandang. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan alat pembersih lantai granit yang berkualitas. Tidak hanya itu, Anda juga harus membersihkan dan merawat lantai granit secara teratur.

Tips Merawat Lantai Granit Dengan Alat Pembersih Lantai Granit

Alat Pembersih Lantai Granit Berkualitas Yang Dapat Digunakan

Jika terkena cairan, noda, atau kotoran, lantai granit harus segera Anda bersihkan dan jangan dibiarkan terlalu lama. Hal ini akan membuat cairan, noda, atau kotoran tersebut sulit untuk dibersihkan dan akan meninggalkan bekas yang kurang enak dipandang.

Baca juga :  Kilaukan Kembali Granit Yang Memudar Dengan Alat Dan Cara Poles Granit Berikut Ini!

Untuk membersihkan cairan, noda, atau kotoran, Anda harus menggunakan alat pembersih lantai granit yang berkualitas, seperti sealer, kain mikrofiber, dan pembersih khusus.

Sebagai alat pembersih berkualitas, sealer digunakan sebagai pencegah terserapnya noda secara cepat dan sebagai pelindung permukaan lantai granit dari goresan. Sementara itu, kain mikrofiber digunakan sebagai penyerap cairan, noda, atau kotoran yang efektif karena tidak akan menyebabkan lantai tergores.

Untuk pembersih khusus, Anda dapat menggunakan pembersih berbentuk cairan atau berbentuk bubuk. Contoh pembersih berbentuk cairan adalah deterjen cair, sabun cuci piring, amonia, cairan dengan pH netral, sabun nonasam, pembersih khusus marmer, dan hidrogen peroksida. Contoh pembersih berbentuk bubuk adalah ampas kelapa, tepung maizena, exceed powder, ampas teh, dan baking soda.

Tips Merawat Lantai Granit

Untuk merawat lantai granit, Anda dapat menggunakan alat pembersih lantai granit. Berikut ini adalah tips merawat lantai granit yang dapat Anda coba.

  1. Siapkan salah satu pembersih khusus, baik pembersih berbentuk cairan maupun berbentuk bubuk, seperti yang sudah disebutkan di atas.
  2. Siapkan air hangat sebanyak 1 ember.
  3. Campurkan pembersih khusus yang Anda gunakan dengan air hangat di dalam ember.
  4. Pel seluruh permukaan lantai granit secara perlahan dengan menggunakan alat pel atau kain mikrofiber yang bersih.
  5. Setelah selesai, kosongkan ember yang digunakan untuk mengepel tadi.
  6. Isi kembali ember tersebut dengan air dingin dan tanpa dicampur dengan apapun.
  7. Pel kembali seluruh permukaan lantai granit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan residu sabun yang masih menempel.
  8. Poles permukaan lantai granit dengan menggunakan kain mikrofiber yang bersih dan kering agar tidak menimbulkan bercak dari air yang mengering sendiri.
  9. Agar terlindungi dari goresan, jangan lupa poleskan sealer ke seluruh permukaan lantai granit.
Baca juga :  3 kiat sukses cara merawat granit lantai

Itulah tips merawat lantai granit dengan alat pembersih lantai granit yang dapat Anda coba. Cukup mudah, bukan? Nah, selamat mencoba!