Cara Memoles Marmer Yang Harus Dihindari

Menggunakan marmer untuk interior dan eksterior rumah memang dapat memberikan kesan yang elegan, indah, dan mewah. Selain itu, penggunaan marmer juga dapat memberikan prestise tersendiri bagi pemilik rumah. Maka tidak heran, marmer diminati oleh banyak orang meskipun harga jualnya terhitung tinggi.

Di pasaran, ada beberapa jenis marmer yang dapat Anda gunakan untuk interior dan eksterior rumah, seperti statuary marble, shell marble, ruin marble, ornamental marble, onix marble, marmer hijau, marmer budidaya, limestone, cipolin marble, carrara marble, breksi, breccia marble, dan architectural marble.

Semua jenis marmer tersebut dapat Anda gunakan sebagai penutup lantai, objek di kamar mandi, pelapis dinding, dekorasi di dapur, pencahayaan interior, bahan dasar berbagai furnitur, dan di area outdoor. Dengan marmer, rumah Anda akan terkesan mewah dan elegan.

Kesan yang ditimbulkan dari marmer berasal dari bentuknya yang kukuh, kilauannya yang indah, dan motifnya yang menarik. Saat ingin menggunakan marmer, Anda tidak perlu heran melihat motifnya yang tidak seragam. Hal ini dikarenakan motif pada marmer terbentuk secara alami.

Seiring dengan berjalannya waktu, kilauan pada marmer di rumah Anda akan memudar dan menjadi kurang enak dipandang. Tetapi jangan khawatir, Anda dapat mengembalikan kilauan marmer tersebut dengan memolesnya. Meskipun demikian, Anda harus mengetahui dan melakukan cara memoles marmer yang tepat.

Peralatan Dan Obat Yang Diperlukan Untuk Memoles Marmer

Mengetahui dan melakukan cara memoles marmer yang tepat akan menghindarkan Anda dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti marmer bertambah kusam, rusak, bahkan pecah. Untuk itu, Anda harus menggunakan peralatan dan obat yang sesuai.

Baca juga :  Ilmu praktis cara membersihkan batu marmer

Adapun peralatan yang diperlukan adalah diamond pad, kain yang lembut, mesin buffing dengan pad steel wool, dan mesin poles. Sementara itu, obat poles yang dapat Anda gunakan adalah Bilinzon sebagai pelapis, bubuk poles marmer kuning, bubuk poles marmer merah, Extra 5, marble klin, Osasir, sealant, dan Terra nova.

Cara Memoles Marmer Yang Harus Dihindari

Tujuan dari memoles marmer adalah untuk mengembalikan kilauannya yang mulai memudar. Untuk itu, Anda harus memoles marmer dengan tepat dan hindari cara memoles marmer seperti berikut ini.

Menggunakan Peralatan Yang Tidak Sesuai

Menggunakan peralatan yang tidak sesuai dapat membuat marmer di rumah Anda tergores, rusak, bahkan pecah. Karenanya, hindari peralatan yang tidak sesuai, seperti kain yang kasar dan penyedot debu.

Menggunakan Obat Poles Yang Tidak Sesuai

Tidak semua obat poles dapat digunakan untuk memoles marmer. Karenanya, gunakanlah obat poles yang sesuai, seperti yang sudah disebutkan di atas.

Langsung Mengeringkan Marmer Setelah Dipoles

Setelah dipoles, Anda jangan langsung mengeringkan marmer dengan menggunakan kain lembut yang kering. Diamkan marmer beberapa saat agar obat poles dapat bekerja secara maksimal.

Tidak Membersihkan Residu Obat Poles

Terkadang setelah pemolesan marmer selesai, Anda akan langsung merapikan peralatan yang digunakan. Padahal, hal tersebut dapat membuat marmer semakin kusam. Karenanya setelah memoles, Anda harus membersihkan seluruh permukaan marmer untuk menghilangkan residu obat poles dengan menggunakan kain lembut yang basah.

Menunggu Marmer Terkena Noda Terlebih Dahulu

Untuk mengembalikan kilauan marmer, Anda harus rutin memoles marmer. Jangan menunggu marmer terkena noda terlebih dahulu, apalagi membiarkan noda tersebut terlalu lama. Hal ini justru akan membuat noda tersebut sulit dibersihkan dan akan meninggalkan bercak yang mengganggu.

Baca juga :  Obat Poles Marmer, Cara Poles Marmer Yang Aman Dan Dianjurkan

Agar hasil poles sesuai dengan yang Anda inginkan, hindarilah cara memoles marmer seperti di atas. Selamat memoles!