jasa poles marmer default

Granit lantai 60 x 60 merupakan salah satu jenis ukuran granit yang banyak digunakan. Granit 60 x 60 mengacu pada satuan ukuran tertentu, yakni centimeter. Ukuran ini merupakan ukuran umum yang cukup mudah penghitungan kebutuhannya, sehingga ukuran 60 x 60 lebih populer dibanding ukuran lainnya.

Granit lantai merupakan salah satu material bangunan yang biasa dijadikan sebagai penutup lantai atau penutup dinding. Granit termasuk bebatuan alam yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi. Granit sudah sejak lama dijadikan material bangunan. Akan tetapi, kelangkaan granit asli membuat granit dibanderol dengan harga mahal.

Dewasa ini, banyak bertebaran granit tiruan atau biasa disebut keramik granit sebagai pengganti granit. Meskipun tiruan, material dari keramik granit dibuat serupa dengan granit asli sehingga karakteristik keramik granit hampir sama dengan granit aslinya.

Keramik granit memiliki permukaan dengan corak yang mirip batu granit. Tidak hanya itu, keramik granit juga terbilang kokoh karena ketahanannya terhadap cuaca cukup baik. Berbeda dengan granit asli, keramik granit memiliki motif yang lebih seragam atau homogen serta dibuat dengan berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Granit lantai 60 x 60

Cara Menghitung Kebutuhan Granit Lantai 60 x 60

Granit sebagai penutup lantai cukup populer hingga saat ini. Desainnya yang mewah dan elegan menjadi salah satu alasan orang-orang memilih material ini. Selain itu, granit lantai dikenal dengan sifatnya yang kedap terhadap air dan udara sehingga tidak mudah retak ataupun rusak. Oleh sebab itu, banyak orang yang memutuskan untuk memilih material ini sebagai penutup lantai atau dinding.

Baca juga :  Harga Keramik Roman, Keramik Berteknologi Tinggi dengan Kesan Elegan

Granit lantai memiliki berbagai ukuran, mulai dari 20 x 20, 60 x 60, hingga meteran. Varian ukuran tersebut dibuat dengan tujuan untuk memudahkan penghitungan kebutuhan. Untuk memudahkan, berikut panduan menghitung kebutuhan granit lantai dengan ukuran 60 x 60.

Hitung Luasan Area yang Akan Dipasang Granit

Langkah awal untuk menghitung kebutuhan granit adalah dengan menghitung luasan area yang akan dipasang granit. Selain luasan area, Anda juga perlu mengetahui bentuk ruangan yang akan dipasang granit, apakah ruangannya berbentuk persegi, persegi panjang, atau yang lainnya. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa menyesuaikan ukuran granit yang sesuai dengan ruangan Anda.

Perhatikan Jumlah Granit Lantai per Dusnya

Setelah mengetahui luasan area yang akan dipasang granit, Anda tentunya perlu menghitung granit yang dibutuhkan untuk area tersebut. Namun sebelum menghitung kebutuhan, Anda perlu mengetahui panduan ukuran serta isi granit pada setiap dusnya.

Misalnya ukuran 20 x 20 biasanya berisi 25 pcs, jumlah tersebut akan cukup untuk menutup lantai seluas 1 m2. Untuk granit lantai dengan ukuran 60 x 60 biasanya berisi 4 pcs per dusnya, maka 1 dus granit lantai ukuran 60 x 60 bisa menutup lantai seluas 1,44 m2.

Hitung Kebutuhan Granit Lantai Berdasarkan Ukuran Granit dan Luasan Area

Langkah terakhir adalah menghitung kebutuhan granit berdasarkan data yang telah diperoleh sebelumnya. Misalnya jika area yang akan dipasang granit berukuran 4 x 5 meter, maka luasan area tersebut adalah 20 meter. Apabila Anda ingin menggunakan granit berukuran 60 x 60 cm, maka Anda perlu menghitungnya dengan cara berikut:

Luasan area                 = 20 meter

Ukuran granit              = 60 x 60 cm atau 0,36 meter

Kebutuhan granit        = 20 meter ÷ 0,36 meter = 55,55 dibulatkan menjadi 56 pcs

Baca juga :  Penting! Rekomendasi Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis

Kebutuhan per dus      = 56 pcs ÷ 4 pcs (isi per dus) = 14 dus

Maka, jumlah granit yang dibutuhkan untuk menutup lantai dengan luasan area 20 meter adalah 14 dus granit lantai.

Demikianlah panduan menghitung granit lantai 60 x 60. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa dengan mudah menghitung kebutuhan granit untuk bangunan Anda.