jasa poles marmer default

Granit 60×60. Saat ini lantai granit 60×60 tidak hanya untuk menutupi area lantai saja, tetapi juga bisa digunakan pada dinding dan berbagai furnitur rumah, seperti meja, kitchen set, kitchen sink, dan sebagainya. Dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, granit memiliki beberapa keunggulan, seperti kuat, kokoh, daya tahannya cukup bagus, keras, berkilau seperti mutiara, dan tangguh. Hal itu lah yang membuat orang-orang lebih memilih granit untuk memperindah interior rumahnya.

Proses pemasangan granit pada lantai hampir sama dengan memasang lantai keramik. Bahan-bahan pelengkapnya juga bisa kita temukan, kamu hanya perlu mencampur semen dan pasir saja untuk landasan permukaannya. Kemudian di atasnya pasang lantai granit yang telah disiapkan. Agar merekat sempurna, kamu bisa menggunakan lem perekat khusus untuk granit.

Baca Juga :

 

langkah-langkah memasang lantai granit 60×60 yang benar

 

Tahapan Memasang Lantai Granit 60×60 yang Benar

 

Supaya lebih jelas lagi, berikut ini adalah tahapan pemasangan granit pada permukaan lantai yang sangat mudah, sehingga bisa kamu ikuti.

 

Membuat dasaran

Dasaran ini sangat membantu kita dalam memastikan apakah lantai granit sudah tersusun rapi atau belum. Namun, jika kamu sudah cukup handal dalam memasang lantai granit, tahapan ini tidak perlu kamu lakukan. Bahan dari dasaran ini yaitu dari pasir dan semen yang dicampur dengan perbandingan 3:1. Lalu aplikasikan campuran tersebut ke permukaan yang rata. Tunggulah hingga semen tersebut mengering.

Baca juga :  Cara Tepat Memilih Tukang Poles Teraso Berkualitas

 

Membuat perekat

Perekat yang dibuat menggunakan campuran dari pasir dan semen, dan dibuat dengan menggunakan perbandingan 3:1. Supaya ketika sudah kering perekat tidak menyusut banyak, pembuatan dari tekstur perekat ini dibuat tidak terlalu lembek dan juga agak kering.

Apabila di tahap ini mengalami kesulitan, kamu bisa memakai semen instan yang pastinya sesuai dengan standar pabrik. Pada dasarnya semen instan ini lebih praktis dibandingkan semen biasa. Akan tetapi, jika kamu ingin yang lebih praktis, gunakan lem perekat yang dikhususkan untuk lantai granit.

 

Teknik pemasangan

Untuk memasang lantainya, standar ukuran yang diperlukan yaitu dari satu keping secara memanjang, bukan melebar. Sedangkan dalam pemasangan granit yang tidak memakai nat, terlebih dahulu memasang 3 baris dengan memanjang.

Pada dasarnya cara memasang yang benar yaitu dari sisi dalam ke sisi luar, lebih tepatnya memasang dari area tengah ruangan hingga area pinggir ruangan. Perlu diingat bahwa pemasangan granit ini harus dilakukan dengan benar, jangan sampai kamu memasangnya di area luar dahulu. Jika begitu, maka hasilnya tidak akan rapi dan maksimal.

 

Pemasangan lantai

Taruhlah adukan perekat tersebut pada permukaan semen yang telah disiapkan. Aturlah dengan benar agar permukaan dari tumpukan tersebut rata. Agar dalam pemasangan lantai tidak mengalami tekanan di bagian tepi, buanglah adukan tersebut sebanyak 1-1,5 cm.

Sebelum dilakukan pemasangan, kamu boleh memberikan adukan perekat yang tipis dan kental pada sisi bawah lantai granit. Selanjutnya, pasang lantai granit di bagian atas adukan. Kemudian tekan dengan perlahan supaya ikatannya kuat. Lalu untuk menentukan permukaan yang sudah rata, cek dengan memakai waterpas.

 

Tahap finishing

Jika belum mengering secara menyeluruh, jangan terburu-buru untuk menginjak lantai granit yang baru dipasang. Lamanya lantai ini mengering yaitu selama 4-5 hari, jika dalam pemasangannya kamu menggunakan campuran semen dan pasir. Namun jika memakai semen instan, waktu mengeringnya lebih cepat yaitu 2-3 hari. Jika sudah mengering secara sempurna, segera bersihkan lantai dari sisa-sisa adukan dengan cairan pembersih alami.

Baca juga :  Marmer Lokal Bisa Menjadi Pilihan Desain Interior

 

Demikianlah tahapan memasang lantai granit 60×60 dengan baik dan benar. Meskipun proses memasangnya mudah, tetapi jangan lupa untuk tetap merawat lantai granitnya, supaya tidak cepat kusam.

Baca Juga :