jasa poles marmer default

Warna granit untuk teras ada beraneka ragam dengan berbagai motif yang indah. Jika tidak tepat cara merawatnya, granit bisa terlihat kusam. Berikut ini adalah merawat granit agar bisa mengkilap tahan lama.

Cara Merawat Warna Granit Untuk Teras

Baca Juga :

Lantai granit harus dirawat agar warnanya tetap indah dan tidak cepat rusak. Merawat lantai granit memang tidak semudah merawat lantai keramik biasa. Berikut ini tips merawat lantai granit yang perlu kamu ketahui.

cara merawat warna granit untuk teras rumah agar tetap indah dan mengkilap

Bersihkan Lantai Setiap Hari

Lantai granit harus selalu dipel setiap hari agar tidak cepat kusam atau terlihat kotor. Untuk mengepel lantai granit tidak boleh sembarangan. Ketika mengepel, jangan mengusap lantai dengan gerakan memutar atau melingkar. Lakukan saja dengan hati-hati sesuai arah serat yang terlihat pada lantai granit agar tidak merusak tampilan.

Pakailah tongkat pel dengan kainnya yang berbahan halus dan lembut. Untuk perawatan sehari-hari cukup gunakan air bersih yang berasal dari sumur untuk mengepel. Tapi pastikan dulu bahwa air tersebut tidak mengandung mineral dan klorin agar tidak merusak material granit.  Selain itu, jangan menggunakan vacuum cleaner karena bisa menimbulkan goresan pada lantai.

Membersihkan Noda pada Lantai Granit

Meski lantai granit tidak mudah retak, teksturnya yang lebih berpori membuatnya rentan terkena noda. Noda yang terlanjur menempel ini akan sulit dibersihkan. Butuh waktu berhari-hari agar noda tersebut bisa hilang. Untuk sabun pembersihnya pun tidak bisa memakai pembersih lantai yang sering dipakai untuk mengepel lantai biasa. Beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda yaitu:

Baca juga :  Marmer Lokal Bisa Menjadi Pilihan Desain Interior

1. Menggunakan Cairan Khusus Pembersih Granit

Diperlukan cairan khusus untuk membersihkan noda pada lantai granit agar keindahannya tetap terjaga. Pembersih khusus lantai granit tersedia dalam bentuk cair dan bubuk. Kamu bisa membelinya di toko bangunan atau toko keramik. Pembersih ini mengandung pH dengan kadar yang netral sehingga bisa membersihkan noda tapa merusak granit.

2. Menggunakan Sabun Pencuci Piring

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan sabun pencuci piring. Gunakan air ini untuk mengepel lantai granit yang terkena noda. Setelah itu, pel kembali lantai tersebut dengan kain pel yang sudah dibasahi air bersih untuk membersihkan sisa-sisa sabun. Terakhir, tinggal keringkan dengan kain kering yang halus dan lembut.

3. Menggunakan Baking Soda

Seperti yang kita tahu, baking soda adalah salah satu bahan untuk membuat kue. Meski begitu, baking soda juga bisa kita untuk menghilangkan noda pada lantai granit. Caranya cukup mudah, campurkan baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Selanjutnya oleskan pasta baking soda ini pada noda. Setelah didiamkan semalaman, bersihkan dengan kain basah.

Memoles Granit

Selain beberapa perawatan di atas, kamu juga perlu memoles granit agar mengkilap seperti baru lagi. Tak perlu repot, pakai saja jasa poles granit yang memang sudah berpengalaman di bidangnya. Noda yang membandel dan goresan parah pada granit akan hilang setelah dilakukan pemolesan. Jika kamu kesulitan menemukan jasa poles granit, akan lebih mudah dengan melakukan penelusuran melalui Goggle atau Goggle Map.

Kesimpulan

Warna granit untuk teras perlu perawatan khusus agar tidak cepat kusam dan bisa awet. Membersihkan lantai granit harus dengan cara yang tepat. Hal ini penting agar tidak meninggalkan goresan di permukaan granit yang kita bersihkan. Semoga tips di atas dapat menambah pengetahuan dalam melakukan perawatan lantai granit pada teras rumahmu.

Baca juga :  Menentukan Keramik Dinding Dapur Sesuai Budget Anda

Baca Juga :