Cara Membuat Lantai Teraso, Rumah Lebih Sejuk dan Estetik

Cara membuat lantai teraso sebenarnya cukup simpel dan bisa Anda terapkan sendiri di rumah Anda. Lantai teraso dikenal mampu memberikan kesan mewah dan membuat rumah menjadi lebih sejuk. Selain rumah, jenis lantai ini juga sering dijumpai di tempat-tempat umum seperti sekolah, rumah sakit, stasiun, dan gedung komersial serta fasilitas umum lainnya.

Lantai teraso adalah material komposit yang terbuat dari beberapa bahan baku bebatuan seperti marmer, granit dan batu alam. Lantai jenis ini biasanya juga mempunyai motif dan corak khas yang beragam. Agar tampak lebih elegan, berikut ini adalah cara membuat dan mengaplikasikan lantai teraso di rumah Anda.

Baca juga :  Cara Membersihkan Lantai Granit yang Praktis dan Efektif

Pengaplikasian lantai teraso sendiri bisa berbeda tergantung dengan materialnya. Ada yang menggunakan berupa ubin atau lembaran, ada pula yang menggunakan material campuran teraso instan cor. Kali ini kita akan membahas pembuatan lantai teraso cor yang lebih disukai oleh para arsitek karena kemudahannya.

Cara Membuat Lantai Teraso Cor

Terdapat beberapa cara untuk mengaplikasikan lantai teraso di rumah Anda. Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan bahan instan lantai teraso cor. Anda sudah bisa mendapatkannya di toko-toko material bahan bangunan.

Cara membuat lantai teraso

Anda bisa gunakan merk bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak harus mahal, namun pastikan juga memiliki kualitas yang bagus agar lantai menjadi tahan lama. Berikut adalah langkah dari cara pembuatan lantai teraso di rumah.

  • Siapkan cetakan lantai terlebih dahulu dan pilih permukaan yang rata,
  • Siapkan juga campuran 1 sak material instan teraso cor dan 12 kg semen putih lalu aduk hingga tercampur rata,
  • Setelah tercampur rata, tambahkan air secukupnya dan pastikan adonan tercampur dengan baik,
  • Jika adonan sudah jadi, maka tuangkan perlahan ke dalam cetakan lantai dan ratakan bagian permukaan,
  • Tunggu dan diamkan selama seharian hingga adonan menjadi kering,
  • Jika adonan tak kunjung kering, ratakan kembali bagian yang masih basah dengan jidar, lakukan beberapa kali hingga benar-benar mengering,
  • Tunggu proses pengeringan hingga kurang lebih satu minggu,
  • Jika sudah benar-benar kering, Anda bisa mulai melakukan pemolesan dengan menggunakan alat poles teraso.
Baca juga :  Mengapa Harga Lantai Marmer Per Meter Cukup Mahal?

Demikian langkah-langkah dari cara membuat lantai teraso yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Cukup mudah, kan? Namun memang cukup memakan waktu, jadi pastikan untuk melakukannya dengan sabar dan tekun.

Beri review post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Order via Whatsapp !