Cara Membuat Lantai Semen Mengkilap dan Perawatannya

Cara membuat lantai semen mengkilap cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, banyak masyarakat Indonesia yang memilih untuk menerapkan lantai semen sebagai dasaran rumah mereka. Salah satu alasannya adalah biaya pembuatannya yang cenderung lebih terjangkau ketimbang jenis lantai lainnya.

Lantai semen sendiri terbuat dari acian semen yang diusapkan secara merata sebagai dasaran rumah. Meski biayanya lebih murah, namun lantai semen mampu memberikan kesan klasik dan tradisional yang estetik apabila dikerjakan secara tepat. Salah satu caranya yakni dengan mengkilapkan lantai semen tersebut.

Baca juga :  Cara Membersihkan Lantai Granit yang Praktis dan Efektif

Cara pengerjaan lantai semen agar mengkilap ini sebenarnya tidak terlalu sulit, namun memang membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu Anda harus sabar dan tekun selama proses pengerjaannya. Meskipun demikian, ketekunan Anda akan terbayar lunas dengan hasil yang tampak mewah dan elegan.

Agar hasil lebih maksimal dan berkilau, terdapat beberapa cara yang perlu Anda terapkan. Berikut ini adalah cara membuat lantai semen Anda tidak tampak kusam.

Cara Membuat Lantai Semen Mengkilap

Untuk membuat lantai semen tampak mengkilap, langkah pertama adalah melakukan tahap pembuatan yang tepat. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan lantai semen agar mengkilap.

1.    Proses Pemadatan Tanah

Langkah pertama adalah melakukan pemadatan pada tanah lantai Anda dengan menggunakan alat stamper. Kemudian lapisi tanah yang sudah padat dengan pasir setebal kurang lebih 5 cm.

Baca juga :  Beginilah Cara Poles Marmer Murah yang Pasti Kinclong

2.    Proses Cor Lantai

Selesai dengan proses pemadatan, Anda perlu melakukan pengecoran dengan campuran pasir, air dan pastinya semen dengan perbandingan yang tepat untuk membuat campuran beton. Sesuaikan ukuran tebal pengecoran dengan kebutuhan, umumnya ketebalan cor beton kurang lebih 8 cm.

3.    Proses Acian Semen

Setelah proses cor dan plester selesai, kini waktunya untuk mengaci lantai semen. Gunakan campuran semen, lem putih dan air untuk membuat acian. Kemudian lakukan proses acian setelah cor lantai mengering. Anda bisa menambahkan lapisan epoxy, cairan lilin, atau sealent.

Baca juga :  Cara Memoles Granit Sendiri Agar Tidak Merusak Kualitas Granit

Tips Agar Lantai Semen Mengkilap

Agar lantai semen tetap mengkilap dan tak tampak kusam, Anda bisa menggunakan bahan-bahan tertentu. Beberapa di antaranya adalah ampas kelapa, serbuk gergaji, cairan lilin dan masih banyak lagi. Perawatan lantai semen juga perlu diperhatikan, misalnya dengan membersihkan secara rutin, mengepel dengan air hangat, menggunakan baking soda atau cuka, dan lain-lain.

Cara Membuat Lantai Semen Mengkilap

 

 

Demikian cara membuat lantai semen mengkilap, mulai dari proses pembuatan hingga perawatannya. Coba terapkan cara di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Beri review post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Order via Whatsapp !