Ini 7 Tahapan Poles Granit Yang Perlu Anda ketahui

Granit adalah material yang sering digunakan orang untuk membuat lantai. Dengan adanya bebatuan keras seperti granit ini, lantai Anda akan terlihat lebih mewah, berkelas, dan beda. Pemakaian granit pada material lantai Anda harus diikuti dengan rutinitas poles granit yang dilakukan secara berkala. Setidaknya enam bulan atau setahun sekali Anda harus merawat lantai granit Anda dengan perlakuan khusus.

Mengapa Harus Poles Granit?

Lantai granit tidak sama seperti kebanyakan lantai yang ada di rumah-rumah atau perkantoran. Merawat lantai granit tidak cukup hanya dengan dipel atau digosok dengan alat pel khusus setiap hari atau setiap pekannya. Lantai granit memiliki lubang pori yang cukup rapat pada bagian permukaan atau pinggiran lantai. Kotoran atau apapun yang jatuh ke atas lantai granit akan langsung menempel pada permukaan lantai atau masuk ke dalam pori-porinya yang teramat kecil itu lalu mengendap. Seringkali cara membersihkan kita yang biasa membuat kilap lantai granit menjadi memudar dari waktu ke waktu.

Untu itulah, Anda perlu melakukan poles granit. Tentu saja Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Para teknisi yang biasa mengerjakan poles granit menggunakan sejumlah peralatan. Beberapa diantaranya alat-alat berat yang tidak dimiliki oleh orang-orang pada umumnya seperti mesin dan aneka pad.

Tahapan Kerja Poles Granit

Setelah memesan paket jasa poles ke penyedia jasa poles granit, para teknisi akan datang ke rumah Anda. Mereka juga membawa serta perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan.

Tahapan pengerjaan poles granit adalah sebagai berikut.

  1. Pembersihan dan Pembuangan. Teknisi poles granit akan mulai membersihkan segala kotoran yang menempal pada pelapis atau coating Mereka menggunakan cairan kimia khusus dalam tahap pengerjaan ini. Sebaiknya Anda menjauh dari area yang sedang dibersihkan. Semua kotoran pun akan dibuang ke wadah yang aman dan tertutup yang mereka bawa.
  2. Crack hole taken care. Ini adalah tahap penambalan lubang atau retakan yang mungkin ditemukan pada lantai granit. Mereka juga akan menggunakan bahan-bahan kimia seperti resin epoxy, miles, dan billingone dengan warna yang telah disesuaikan dengan warna asli lantai granit Anda.
  3. Memoles dengan diamond pad. Ini adalah tahap untuk merawat sambungan antar granit atau nad dengan menggunakan alat berukuran besar.
  4. Perawatan goresan. Seperti lantai keramik, lantai granit juga memiliki kemungkinan mengalami goresan. Teknisi jasa poles granit akan merawat permukaan lantai granit dengan goresan tersebut.
  5. Tahapan poles granit selanjutnya adalah tahapan pewarnaan dengan terlebih dahulu mengelupas lapisan granit lama. Teknisi akan kembali menggunakan bahan kimia.
  6. Permukaan lantai granit Anda akan diberi lapisan kristal menggunakan cairan khusus yang dapat mempertahankan kilau lantai untuk jangka waktu yang lama.
  7. Bahan kimia pelapis akan diaplikasikan pada lantai granit sebagai sentuhan terakhir poles granit. Cairan kimia ini sangat ampuh dalam menahan noda hingga cairan kimia berbahaya untuk masuk ke dalam pori-porinya.
Baca juga :  Awas! Hindari Pengkilap Lantai Granit Ini Agar Lantai Rumah Tetap Mengkilap

Di Mana Menemukan Jasa Poles Granit?

Saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa poles granit. Biasanya jasa tersebut dijadikan satu paket dengan pemasangan atau renovasi lantai granit, teraso, dan marmer. Anda akan dapat dengan mudah menemukan jasa poles granit di mesin pencarian internet. Ketik saja kata kunci jasa poles granit pada kolom pencarian. Beberapa detik kemudian, Anda akan diarahkan ke sejumlah penyedia jasa poles granit online. Anda bisa memilih penyedia jasa yang terdekat dengan domisili Anda.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Untuk per meternya, harga poles granit ulang mulai dari 35 ribu rupiah. Anda bisa menghubungi langsung nomor telepon yang tertera pada website dan konsultasikan terlebih dahulu kebutuhan Anda.