jasa poles marmer default

Marmer Tile Texture. Dengan memasangkan marmer tile texture akan membuat tampilan hunian menjadi lebih mewah dan tidak terkesan monoton. Ditambah lagi dengan warnanya yang natural. Proses pemasangannya pun cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Ada dua metode yang harus dikerjakan apabila ingin memasang marmer, yaitu metode basah untuk lantai dan metode kering untuk dinding.

Walaupun mempunyai cara yang berbeda, tetapi kedua cara ini mempunyai tujuan yang sama, yaitu memasangkan marmer sesuai dengan tempat dan pola yang diinginkan. Apa saja sih cara-cara yang harus dilakukan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

cara mudah proses pemasangan marmer tile texture

 

Dua Metode Cara Mudah Pemasangan Marmer Tile Texture

 

Memasang marmer dengan metode basah

Pemasangan marmer pada metode basah biasanya digunakan untuk lantai. Berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Sebelum proses pemasangan dilakukan, terlebih dahulu mempersiapkan barang dan bahan yang diperlukan untuk pemasangan marmer
  2. Setelah itu, perhatikan juga kondisi marmer yang akan kita pasang ke permukaan. Pastikan tidak ada retakan atau goresan pada marmer tersebut, supaya marmer tetap terlihat indah bila dipasang. Karena jika terdapat retakan, akan membuat marmer cepat pecah setelah pemasangan. Jadi, harus hati-hati ketika memasangnya.
  3. Marmer memiliki tekstur serta warna yang bervariasi, jadi sebelum memasangnya sebaiknya periksa dahulu apakah teksturnya sudah searah dan warnanya sudah seragam. Lalu pasanglah marmer satu sama lain, sehingga menimpalkan tekstur dan warna yang cantik. Supaya tidak lupa dengan arah teksturnya, bisa juga memberi kode untuk masing-masing marmer. Apabila menginginkan hasil yang lebih cantik, buatlah pola yang kamu inginkan.
  4. Marmer akan mudah dipasang apabila kondisi permukaannya sudah benar. Jika belum benar, ratakan dahulu permukaannya lalu dikeringkan sebelum memasangnya.
  5. Setelah permukaannya sudah rata, gambarlah pola sesuai yang direncanakan. Untuk menandakannya, buatlah polanya dengan tali berkapur.
  6. Jika sudah selesai membuat pola, lapiskan lantainya dengan cairan perekat dan buatlah garis lubang pada permukaan dengan roskam bertakik. Garis lubang tersebut harus dibuat dengan tepat, jangan terlalu tebal atau tipis, serta jangan sampai menyentuh lantai.
  7. Setelah semuanya sudah selesai, mulai lapisi marmer satu persatu sesuai pola. Jangan lupa juga untuk memberi jarak sebagai celah antara marmer satu dan yang lain.
  8. Jika sudah selesai dilapisi, keringkan dahulu perekatnya. Mengeringkan perekat ini membutuhkan waktu hingga dua hari.
  9. Apabila telah kering, isi celah tersebut menggunakan nat dan tunggu hingga kering. Lalu bersihkanlah apabila sudah kering.
Baca juga :  Update Harga Keramik Granito 60 x 60 Terbaru

Memasang marmer dengan metode kering

Memasang marmer dengan metode kering biasanya untuk pemakaian pada permukaan dinding. Langkah-langkahnya hampir mirip dengan metode basah, hanya saja pemasangan pada metode ini tidak menggunakan cairan perekat. Selain itu, biaya pemasangannya pun terbilang murah. Karena diaplikasikan pada permukaan yang vertikal, jadi diperlukan kawat angkur untuk menahan beban marmernya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Buatlah pola pada dinding, setelah itu lubangkan marmer untuk tempat angkurnya dan berikan tanda di dinding untuk menancapkan paku, kawat angkur, dan angkur.
  2. Pasangkanlah kawat angkur menggunakan paku dan gambarkan pola yang sesuai. Lalu pasang angkur tersebut sesuai dengan polanya
  3. Di angkur yang terpasang, pasanglah marmer mulai dari arah vertikal lalu horizontal
  4. Isi nat lalu bersihkan

Begitulah 2 metode yang dilakukan dalam pemasangan marmer tile texture pada lantai dan dinding. Perhatikanlah dengan teliti ketika memasangnya, agar tidak terjadi kerusakan pada marmer. Selamat mencoba.