jasa poles marmer

Poles Granit Yang Mempesona

Untuk konsultasi dan survey gratis, hub 085217167006

Poles granit, granit merupakan salah satu jenis batuan felsic, intrusive, igneus yang umum dan sering sekali digunakan. Granit biasanya berupa bongkahan batu yang besar dan kuat, sehingga banyak digunakan sebagai bahan bangunan baik itu untuk lantai mauoun dinding rumah. Kesan granit yang mewah dan elegan membuat granit banyak dicari sebagian besar orang untuk bangunan-bangunan penting seperti tempat ibadah, gedung pemerintahan, rumah sakit, perkantoran dan lain sebagainya. Kepadatan granit yang rata-rata adalah 2.75gr/cm3 dengan jangkauan antara 1.74 dan 2.80. Motif dan tekstur granit yang berbeda-beda di setiap bagiannya membuat granit banyak dipilih karena menegaskan aksen klasik dan kokoh untuk bangunan yang terbuat dari granit tersebut.

Kata granit sendiri berasal dari bahasa latin yaitu granum. Biasanya dalam bidang rekayasa dan industri , granit sering digunakan sebagai bidang acuan untuk banyak jenis pengukuran dan alat pengukur. Bentuk dasar poles granit sendiri adalah berupa bongkahan-bongkahan besar yang kemudian dipotong sedemikian rupa sesuai dengan permintaan pasar. Terkadang ada permintaan dari pasar yang menginginkan tekstur granit yang dibiarkan begitu saja dengan alas an untuk menimbulkan kesan klasik dan kokoh, biasanya untuk permintaan yang tanpa dipoles biasanya digunakan untuk dinding atau tiang bangunan. Tetapi lain halnya dengan granit yang sudah dipoles, granit yang sudah dipoles biasanya lebih digunakan sebagai lantai atau ubin tapi terkadang juga ada bangunan yang menggunakan granit untuk dibuat dinding atau tembok. Granit yang sudah dipoles lebih menimbulkan kesan mewah, elegan dan bersifat maskulin.

granit_poles granit

Perbedaan poles granit dengan poles marmer

Poles granit atau granit yang sudah dipoles berbeda dengan marmer, granit kebanyakan berwarna lebih gelap dari marmer. Ciri-ciri dari marmer biasanya berwarna lebih terang identik dengan warna coklat, coklat muda, dan kuning, sedangkan granit yang sudah dipoles lebih banyak didominasi oleh warna gelap seperti abu-abu, hitam dan biru dongker. Granit memang sudah sejak lama menjadi idola, dari dulu hingga sekarang granit dipilih karena berkarakter mewah, tetapi karakter mewaj ini bukan tanpa alas an. Granit memang biasanya dibandrol dengan harga yang mahal karena memang dari mulai produksi, pembentukan serta pemasangan diperlukan teknik yang tinggi untuk menghasilkan bangunan yang mewah dan bernilai artistik.

Mahalnya biaya poles granit

Sudah barang tentu jika harga yang mahal biasanya beriringan dengan biaya perawatan yang tidak murah juga tentunya. Karena tekstur granit yang kasar dan banyak mempunyai lubang-lubang pasti sangat sulit sekali membersihkannya jika masih terdapat lubang lubang yang membuat kotoran masuk ke lubang tersebut. Maka dari itu seiring kemajuan teknologi granit sekarang sudah dipoles atau yang biasa disebut dengan poles granit. Hal ini sangat menguntungkan bagi anda yang ingin menggunakan granit sebagai lantai rumah, karena dengan adanya polesan pada granit maka permukaan yang kasar tersebut akan menjadi halus dan menimbulkan rasa nyaman bagi sang penghuni rumah tersebut.

Meskipun granit merupakan jenis bahan bangunan yang mewah dan terkesan mahal bukan berarti granit tidak memiliki kelemahan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari granit atau poles granit.

Kelebihan dari granit:

  1. Pembentukan alami dari granit yang berasal dari sedimentasi beberapa batuan sehingga menghasilkan motif dan corak yang beraneka warna serta tidak menampakkan kesan monokrom.
  2. Kekuatan serta daya tahan yang cukup tinggi sebagai bahan bangunan, sehingga granit banyak diminati dan dipilih untuk bahan bangunan seperti untuk lantai dinding bahkan meja makan.
  3. Menimbulkan kesan artistik dan mewah serta elegan pada bangunan tersebut.
  4. Menimbulkan kesan dingin di dalam ruangan yang menggunakan granit sebagai lantai atau dinding.

Kekurangan dari granit:

  1. Harga yang relative mahal, karena proses produksi, pembuatan hingga pemasangan yang rumit sehingga membuat granit mahal dan biasanya hanya digunakan untuk bangunan penting atau bangunan elit.
  2. Memiliki lubang yang kasar dan sulit dibersihkan ketika terkena noda, tetapi lain halnya jika granit tersebut sudah dipoles akan lebih mudah membersihkannya karena pori dan lubang sudah tertutup dengan polesan.
  3. Proses pemasangan yang cukup rumit sehingga membutuhkan tenaga yang berpengalaman, dan proses pemasangan yang membutuhkan waktu lama.
  4. Menimbulkan bekas jika tergores, terlebih lagi jika goresan tersebut cukup dalam akan mengurangi nilai keindahan dari granit tersebut sehingga membutuhkan perawatan yang intensif.

Tips melakukan poles granit

Memang banyak alas an yang digunakan untuk memakai granit, selain menambah nilai estetika juga untuk memberikan rasa nyaman karena sifat granit yang menimbulkan kesan dingin. Masalah utamanya adalah bagaimana cara membersihkan lantai yang berbahan granit itu sendiri, karena granit secara alamiah tersusun dari bahan-bahan yang berbeda komposisi materialnya sehingga granit akan cepat rusak jika menggunakan produk pembersih biasa. Meskipun perlu memberikan perhatian lebih terhadap lantai yang terbuat dari granit, tetapi usaha itu akan terasa impas jika terlihat hasilnya yang menjadi berkilau dan bersih. Berikut adalah tips untuk merawat dan membersihkan granit dilantai rumah anda:

Pembersih granit untuk menghapus noda:

  1. Tuang sabun cuci piring yang berbahan cair atau menggunakan pembersih marmer dengan kadar pH yang netral diatas selembar kain microfiber. Basahi hkain mikro fiber tersebut dengan sedikit air bersih yang dingin. Selalu tes produk pembersih tersebut terlebih dahulu di bagian yang kecil atau tersembunyi untuk menghindari ketidak cocokan granit dengan pembersihnya.
  2. Usap secara perlahan dan lembut searah serat lantai granit. Jangan mengusap dengan gerakan melingkar, karena gerakan tersebut akan membuat permukaan granit cepat rusak.
  3. Setelah noda dirasa sudah hilang, keringkan granit menggunakan kain kering untuk mempercepat proses pengeringan.

Perawatan lantai granit:

Anda juga perlu tahu cara membersihkan dan perawatan lantai granit secara rutin.

  1. Siapkan produk pembersih seperti sabun cuci piring cair yang dicampur dengan air hangat atau pembersih granit dengan pH rendah.
  2. Gunakan kain pel atau alat pel yang lembut dan bersih. Pel seluruh permukaan granit dengan gerakan lembut dan perlahan.
  3. Kosongkan ember dan isi ulang dengan air dingin tanpa campuran. Pel kembali untuk menghilangkan sisa sisa kotoran yang masih menempel.
  4. Jangan biarkan lantai mongering dengan sendirinya karena bisa menyebabkan bercak air. Usap dengan kain pel yang kering untuk mengeringkan.

Leave a Reply

*

captcha *